Pay And Play - NewsDetail

loading image
Pay and Play

Pay and Play - Best Top Up

10 Platform Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game

22 Februari 2024
Banner Pay and Play

Pendidikan anak saat ini semakin diperkaya dengan teknologi, dan salah satu cara paling menarik untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak adalah melalui platform pembelajaran online yang berbasis game.

Berikut adalah 10 platform pembelajaran online yang menawarkan pengalaman belajar yang seru dengan permainan berbahasa Inggris.

1. Duolingo

Duolingo telah menjadi salah satu platform pembelajaran bahasa terkemuka. Dengan pendekatan yang menyenangkan, mereka mengintegrasikan pembelajaran melalui permainan, tes, dan tantangan yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.

2. Rosetta Stone

Rosetta Stone menawarkan lingkungan belajar bahasa Inggris yang menantang, di mana siswa dapat membangun kemampuan mereka melalui permainan interaktif yang dirancang untuk meniru pengalaman kehidupan nyata.

3. LearningRoom

LearningRoom adalah sebuah tempat berpetualang yang seru untuk belajar bahasa Inggris bagi anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Melalui metode kreatif dan menyenangkan, LearningRoom siap tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak menjadi lebih baik.

4. Babbel

Babbel memadukan metode pembelajaran yang terbukti efektif dengan permainan yang menarik untuk memperkaya kosakata dan struktur kalimat bahasa Inggris.

5. Memrise

Memrise memanfaatkan teknik pembelajaran yang adaptif dan interaktif. Mereka menawarkan pendekatan yang terfokus pada hafalan dengan menggunakan berbagai game yang membangun kosakata bahasa Inggris.

6. BBC Learning English

BBC Learning English menawarkan platform interaktif dengan podcast, video, dan game yang membantu siswa belajar bahasa Inggris melalui konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

7. Quizlet

Quizlet memberikan pendekatan unik dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui game, kartu flash, dan kuis interaktif yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan bahasa.

8. Busuu

Busuu menghadirkan pembelajaran bahasa Inggris melalui dialog dan interaksi antar-siswa di seluruh dunia. Mereka menawarkan permainan dan latihan yang menarik dan mendidik.

9. FluentU

FluentU menggunakan video dunia nyata sebagai dasar pembelajaran bahasa Inggris mereka. Dengan menawarkan berbagai jenis video, mereka membantu siswa belajar bahasa dalam konteks yang lebih luas.

10. Elevate

Elevate memberikan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris yang lebih luas, terutama dalam hal pemahaman membaca dan kecerdasan umum melalui berbagai tantangan yang menarik.

LearningRoom - Latihan Percakapan Bahasa Inggris
CONVERSATION PRACTICE

Dengan menggunakan platform-platform ini, para anak dapat belajar bahasa Inggris secara otodidak sambil bersenang-senang, memperluas kosakata, meningkatkan keterampilan berbicara, dan memahami tata bahasa secara lebih menyenangkan dan interaktif.

GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Gamifikasi adalah proses penggunaan elemen permainan dalam konteks non-game. Ini memiliki banyak keunggulan dibanding pendekatan pembelajaran tradisional, antara lain:

- Meningkatkan tingkat motivasi pembelajar

- Meningkatkan retensi pengetahuan

- Meningkatkan keterlibatan pembelajar melalui mekanisme sosial seperti lencana, poin, atau papan peringkat

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari para murid, maka pihak guru atau pendidik juga mulai menggunakan strategi digital dalam metode pengajarannya.

Gamifikasi adalah tentang menerapkan strategi permainan untuk meningkatkan pembelajaran dan membuatnya lebih menarik bagi individu. Permainan juga memotivasi individu, meningkatkan minat pada subjek tertentu, dan meningkatkan kemampuan kognitif anak.

ILMU PSIKOLOGI GAMIFIKASI

Psikologi gamifikasi adalah bidang ilmu yang mempelajari perilaku pengguna dalam sistem yang di-gamifikasi. Dengan kata lain, fokusnya pada cara memahami dan mempengaruhi perilaku orang melalui metode bermain.

Studi telah menunjukkan bahwa otak berinteraksi dengan gamifikasi dan merangsang pelepasan dopamin, yang memberikan pemain perasaan motivasi dan kesenangan yang lebih besar. Tetapi bagaimana cara kerjanya secara tepat?

1. Gamifikasi Menghubungkan Orang Pada Tingkat Emosional

Emosi dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk pembelajaran. Mereka memfasilitasi encoding dan pengambilan informasi secara lebih efektif, membuat proses pembelajaran menjadi jauh lebih efisien.

2. Ingatan Dikontrol oleh Hippocampus

Hippocampus adalah bagian otak yang mengontrol seberapa banyak informasi yang kita ingat. Maka wajar bila murid akan lebih mampu menerima ilmu baru saat belajar dengan gamifikasi dalam kelas. Karena gamifikasi merangsang ingatan di hipokampus, yang mengeskalasi penyimpanan informasi baru ke dalam memori jangka panjang. Selain itu, dopamin, hormon dalam otak kita yang meningkat kadarnya bila seseorang mengalami sensasi menyenangkan atau merasa bahagia, akan dilepaskan dari hipokampus dan membantu murid mempertahankan fokus pada suatu tugas.

3. Cerita Lebih Mudah Diproses Otak

Otak lebih efektif memproses cerita daripada fakta. Gamifikasi sangat menguntungkan karena permainan sering kali mencakup elemen-elemen bercerita seperti latar belakang, karakter, plot twist, dan lainnya.

4. Bermain Game Meningkatkan Pelepasan Endorfin

Endorfin adalah pereda nyeri alami yang meningkatkan relaksasi, ketenangan, dan fokus. Strategi gamifikasi meningkatkan pelepasan endorfin, membantu menciptakan lingkungan yang ideal untuk pembelajaran yang difokuskan.

5. Bermain Game Menjaga Kesehatan Otak Anda

Permainan mendorong neuroplastisitas, yaitu kemampuan otak untuk merespons rangsangan yang berbeda. Jenis latihan ini dapat memperkuat jalur saraf, meningkatkan kognitif seperti memori dan meningkatkan kreativitas.

LearningRoom - Istilah Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris
FAMILY MEMBERS

GAMIFIKASI VS PERMAINAN

Pembelajaran berbasis permainan adalah metode instruksional di mana murid mempelajari keterampilan atau pengetahuan tertentu dari bermain game yang sebenarnya.

Di sisi lain, gamifikasi hanya menggunakan elemen permainan dalam konteks non-permainan untuk meningkatkan pemahaman konten dan mempromosikan retensi informasi yang lebih baik.

Tujuan utamanya tetap untuk meningkatkan keterlibatan siswa, namun gamifikasi tidak selalu bertujuan untuk mengajarkan sesuatu yang baru kepada mereka.

KESIMPULAN

Gamifikasi adalah cara yang bagus untuk membantu murid dalam proses belajar dan memotivasi mereka untuk lebih minat belajar. Baik guru maupun orang tua dapat mengintegrasikan gamifikasi ke dalam berbagai kegiatan dan tujuan yang membutuhkan dorongan untuk hasil belajar yang lebih baik.

Cek artikel lainnya di situs resmi kami yang memuat info menarik dan tips parenting lainnya, serta berita seputar pendidikan anak yang mungkin berguna untuk kamu!

***

Mari Bertualang dan Belajar Bahasa Inggris di LearningRoom.ID

logo learningroom general website.png

PELAJAR SENANG, PENGAJAR TENANG

INFO KONTAK DAN KERJASAMA KLIK DI SINI